7 Cara Memulihkan Blog dari Efek Google Panda

Google Panda adalah salah satu dari update algoritma yang paling kontroversial dari Google, terlepas dari itu semua, Google Panda banyak membantu dalam menghapus situs web maupun blog yang memiliki kualitas rendah dari mesin pencari sehingga tentunya meningkatkan kualitas hasil pencarian. Pada 21 Mei 2014 lalu, Google meluncurkan Panda 4.0 terbaru, itu merupakan update Panda terbesar di tahun 2014 dan tentu saja ini berdampak penurunan peringkat bagi banyak situs, baik web maupun blog. Ini juga dialami oleh banyak blogger yang mengeluhkan banyak hilangnya kunjungan ke blog mereka setelah update Google Panda ini.


Kali ini Spongeblog akan berbagi beberapa tips bagaimana memulihkan blog yang terkena amukan Google Panda.

1. Tulis Konten yang Berkualitas
Google menyukai konten yang berkualitas. Maka, usahakan untuk terus selalu update artikel yang bermanfaat bagi para pembaca. Jika artikel yang sahabat posting penuh dengan informasi yang bermanfaat dan relevan dengan kata kunci, maka itu akan membantu dalam meningkatkan blog sahabat pada hasil pencarian di search engine Google. Itu artinya blog sahabat dapat pulih dari efek amukan google Panda dan kembali seperti sedia kala.

2. Tulislah Artikel yang Panjang
Selain artikel  berkualitas, Google juga menyukai artikel yang panjang. Jika Sahabat menulis artikel atau konten blog terlalu pendek maka hasilnya akan buruk bagi peringkat / hasil pencarian di search engine. Google menyarankan dalam menulis artikel untuk blog minimal 350 kata agar aman dari update algoritmanya. Jadi, berusahalah untuk selalu menulis artikel blog lebih panjang agar cepat pulih dari efek Google Panda.

3. Tulislah Konten yang Unik (orisinil)
Keunikan sebuah konten merupakan faktor berikutnya supaya blog sahabat pulih dari efek Google Panda. Konten asli atau konten unik selalu membantu artikel sahabat dalam mendapatkan peringkat halaman yang lebih baik di mesin pencari. Jadi usahakan untuk selalu menulis artikel unik atau orisinil, hindarilah menduplikasi atau mengetik ulang atau copas dari website lain kalau blog sahabat tidak mau terkena Google Panda.

4. Hindari Broken Link pada Blog
Banyak broken link di halaman blog juga dapat membuat blog sahabat terkena dampak Google Panda. Broken link atau link mati juga menyebabkan menurunnya peringkat halaman blog. Jadi segera hapus atau perbaiki link mati di blog sahabat untuk mendapat peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian Google. Ingatlah bahwa mesin pencari mengindeks semua link halaman blog.

5. Rewrite atau Edit atau Hapus Postingan Lama 
Sahabat juga harus menulis ulang atau mengedit posting lama blog sahabat untuk mendapatkan  hasil pencarian yang lebih baik di search engine. Jika postingan lama sahabat memiliki konten kualitas rendah atau terlalu pendek, maka sebaiknya sahabat harus mencoba mengeditnya kembali  menjadi sebuah tulisan yang berkualitas dan lebih panjang dari sebelumnya.

6. Mempercepat Loading Blog
Ingat bahwa baik Google maupun pembaca menyukai blog yang memiliki loading cepat. Maka jika blog sahabat memerlukan lebih banyak waktu untuk memuat halaman, itu akan berpengaruh kepada  peringkat mesin pencari. Sebaliknya blog yang membutuhkan waktu singkat atau cepat  dalam memuat kontennya selain baik untuk SEO,  juga dapat melindungi blog sahabat dari update Google Panda yang akan datang.

7. Promosikan Blog Sahabat di Sosial Media
Cara terakhir yang bisa sahabat lakukan untuk mengembalikan atau memulihkan blog dari efek Google Panda yaitu dengan cara mempromosikan secara intens (tetapi jangan berlebihan kalau tidak mau dianggap sebagai spam) di sosial media, baik lewat facebook maupun twiter. Jika sahabat intens dalam mempromosikan blog, maka sedikit banyak akan mendatangkan pengunjung ke blog kita, sehingga secara tidak langsung itu akan mempercepat blog kita terindek oleh mesin pencari, dan itu otomatis bisa memulihkan blog kita dari amukan Google Panda.

Itulah 7 cara untuk memulihkan blog kita dari efek Google Panda. Semoga bermanfaat.



Arif
Kontributor :
Seorang Blogger yang ingin berbagi. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




spongeblog Updated at: 12:00 PM

7 komentar:

  1. sangat menarik sob, perlu dicoba nih?

    ReplyDelete
  2. tapi kalau saya lebih pilih berdoa biar ga kena panda mas :)
    soalnya susah kalau udah kena, berbulan2 belum tentu balik lagi
    salah satu blog lama sy ada yg kena kayanya, tapi untung masih dapet traffic dari bing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktekan tips diatas ditambah berdoa tentunya lebih baik mb.. :)

      Delete
  3. tipsnya bisa diterapkan Mas..sepertinya artikel blog sy artikelnya pendek2 mas

    ReplyDelete
  4. tipsnya mantab gan,bisa buat jaga2 klo seandainya kena amukan google,hehehe

    Artikel Santai

    ReplyDelete
  5. google panda memang menyebalkan hehehehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.